Jasa Kirim Barang Beku, Frozen Food – Cargo Truk Pendingin

Kirim Frozen Food Antar Kota Tanpa Khawatir Dengan Aladin Cargo

Saat ini frozen food atau makanan beku olahan atau non-olahan semakin digemari dan memang jadi alternatif cepat ketika orang-orang dikejar waktu. Kita hanya perlu memanaskan makanan beku ini menggunakan microwave atau digoreng dan dikukus. Hal yang praktis dan instan seperti ini tentu saja disukai banyak orang. Sehingga semakin hari tingkat konsumsi frozen food semakin tinggi dan membuat produsen frozen food di Indonesia pun meningkat.

Jasa Pengiriman Barang Beku, Frozen Food, Truck Pendingin | 0812-4998-5217

Sebenarnya proses membekukan makanan sudah ada sejak dulu tepatnya 3000 tahun sebelum Masehi. Saat itu masyarakat Cina kuno membekukan makanannya di sepanjang musim dingin. Begitu juga yang dilakukan oleh orang Romawi kuno yang membekukan makanan dengan salju. Proses pembekuan makanan ini bertujuan memperlambat dekomposisi dengan mengubah kadar air yang tersisa hingga menjadi es dengan menghambat pertumbuhan sebagian besar spesies bakteri.

Lalu pada tahun 1930 di Springfield, Massachusetts seseorang yang bernama Clarence Birdseye memperkenalkan makanan beku ini berupa buah buahan, bermacam-macam jenis sayuran, seafood hingga daging dagingan yang dijual kepada masyarakat. Kini di zaman modern, makanan yang dijual sudah semakin beragam bukan hanya nugget, bakso, dan tempura saja tapi dim sum, masakan jadi, kue hingga buah durian pun ada.

Tapi apakah aman jika kita membeli frozen food dari luar kota atau luar pulau? Apakah makanan tersebut dapat diterima dalam kondisi baik dan tetap layak makan? Tentu saja, frozen food akan tetap layak makan jika produsen frozen food memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Untuk masakan jadi lebih baik menggunakan plastik vakum agar kondisi makanan tidak rusak selama perjalanan.
  2. Membungkus frozen food dengan plastik berlapis atau bubble wrap untuk mencegah lelehan air keluar dari produk frozen food.
  3. Disarankan untuk memberi thermafreezer atau ice gel untuk menjaga suhu produk frozen food. Gunakan ice gel dengan perbandingan 20:80 yaitu 20% diisi ice gel sementara 80% lainnya dimasukkan makanan beku yang akan dikirimkan.
  4. Jika makanan disimpan dalam wadah, sebaiknya gunakan plastik box tebal dan harus tertutup rapat agar terhindar dari kontaminasi udara luar yang akan merusak makanan.
  5. Tata makanan dalam box tanpa menyisakan ruang dalam wadah yang akan menyebabkan makanan terguncang. Begitu juga ketika dimasukkan ke dalam kotak es atau styrofoam pastikan tidak ada rongga.
  6. Apabila makanan mengandung banyak bumbu berair, lebih baik pisah bumbu dalam kemasan lain atau gunakan bumbu kering.

Saat frozen food yang benar-benar beku dikemas dengan baik sesuai dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, kemungkinan makanan rusak juga akan semakin kecil. Langkah selanjutnya adalah produsen frozen food harus menemukan jasa pengiriman frozen food yang dapat melayani pengiriman antar kota hingga antar pulau.

Jasa Cargo Makanan Beku Frozen Food

Aladin cargo juga menyediakan truck pendingin (cold storage) untuk melayani kebutuhan Anda dalam melakukan pengiriman makanan beku, frozen food, ice cream, ikan segar hingga sayur mayur yang dikirim antar kota hingga antar pulau. Biasanya kami melakukan pengiriman ke berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya, Lamongan, Bali, Bandung, Banyuwangi, Balikpapan, Palembang dan berbagai daerah di Indonesia.

Pengiriman makanan beku atau bahan pangan beku lainnya dilakukan secara khusus dan berbeda dari pengiriman barang pada umumnya. Produsen makanan beku harus memastikan penyedia ekspedisi mengirimkan makanan beku menggunakan armada yang biasa dipakai untuk pengiriman makanan beku bukan armada biasa.

Sewa Truk Pendingin Jakarta – Surabaya – Bali – Bandung dll untuk kirim makanan beku, frozen food, ice cream dan lain sebagainya.

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

×